#SIP C. AI (Artifical Intelligence) & Expert
System
1. Definisi
Artifical Intelligence
- Kecerdasan
Buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan
instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal
yang dalam pandangan manusia adalah cerdas (H. A. Simon, 1987).
- Kecerdasan
Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan
hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Rich and
Knight, 1991).
2.
Definisi Expert System
Sistem
Pakar (Expert System) merupakan suatu sistem yang menggunakan pengetahuan
manusia dalam komputer untuk memecahkan masalah yang biasanya dikerjakan oleh
seorang pakar, misalnya : Dokter, Lawyer, Analist Keuangan, Tax Advisor. Sistem
pakar dapat mendorong perhatian besar diantara ahli komputer dan spesialist
informasi untuk mengembangkan sistem membantu manajer dan non manajer
memecahkan masalah. Sistem Pakar terdiri dari 4 bagian yaitu:
1.
User Interface
2. Knowledge Base3. Inference Engine
4. Development Engine
3.
Sejarah
Artifical Intelligence
Berbagai
litelatur mengenai kecerdasan buatan menyebutkan bahwa ide mengenai kecerdasan
buatan diawali pada awal abad 17 ketika Rene Descartes mengemukakan bahwa tubuh
hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Kemudian Blaise
Pascal yang menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642.
Selanjutnya pada abad 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin
penghitung mekanis yang dapat diprogram.
Perkembangan
terus berlanjut, Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan
Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter
Pitts menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas” pada
1943 yang meletakkan pondasi awal untuk jaringan syaraf.
Tahun
1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja
ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of
Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher
Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John
McCarthy membuat istilah “Kecerdasan Buatan” pada konferensi pertama pada tahun
1956, selain itu dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing
memperkenalkan “Turing test” sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test
perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang
menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama
tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan
simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program
berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin
Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas
jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer
Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk
representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang
diyakini sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan
terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan yang mempunyai rintangan
secara mandiri.
4.
Sejarah Expert System
Expert System pertama kali dikembangkan oleh
komunitas AI (Artificial Intellegence) pada pertengahan tahun 1956.
Sistem Pakar yang muncul pertama kali adalah General-purpose Problem
Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Allen Newell dan Habert A.
Simon.
Pada pertengahan tahun 1960-an, terjadi pergantian
dari program serba bisa (general-purpose) ke
program yang spesialis (special-purpose)
dengan dikembangkannya DENDRAL oleh E.Feigenbauh dari Universitas Stanford dan
kemudian diikuti oleh MYCIN.
Awal tahun 1980-an, teknologi Sistem Pakar yang mula-mula dibatasi oleh
suasana akademis mulai muncul sebagai aplikasi komersial, khususnya XCON, XSEL
(dikembangkan dari R-1 pada Digital Equipment Corp.) dan CATS-1 (dikembangkan
oleh General Electric). Sistem Pakar dari tahun ketahun selalu mengalami
perkembangan sampai saat ini.
Expert System saat ini
Saat ini expert system mengalami perkembangan pesat diberbagai bidang
seperti bidang Teknologi,ekonomi,Sosial,Kedokteran,dll.Expert System terdiri
dari 4 bagian:
1.
User Interface
User interface digunakan manajer untuk memasukkan instruksi dan
informasi dari sistem. Metode input yang digunakan oleh manajer yaitu:
-
Menu
-
Command
-
Natural Language
-
Output Expert System memakai 2 bentuk penjelasan (explanation) :
-
Explanation of Question
-
Explanation of Problem Solution
2.
Knowledge Base
Knowledge base terdiri dari fakta yang menggambarkan problem domain dan
juga teknik penyajian yang menggunakan fakta sesuai logika.
Aturan(rules) merupakan rincian dalam situasi yang tidak berubah: Kondisi benar dan tidak benar, tindakan yang diambil bila kondisi benar.
Aturan(rules) merupakan rincian dalam situasi yang tidak berubah: Kondisi benar dan tidak benar, tindakan yang diambil bila kondisi benar.
3.
Interface Engine
Inference Engine merupakan bagian dari Expert System yang membentuk
Reasoning dengan menggunakan isi dari knowledge base dalam urutan tertentu.
Dua metode yang digunakan dalam Expert System untuk mengamati Rules, yaitu
Dua metode yang digunakan dalam Expert System untuk mengamati Rules, yaitu
- Penalaran ke depan (Forward) atau Forward Chaining. b. Penalaran Belakang
(Revierse) atau Backward Chaining.
- Development Engine Development Engine membangun Rule Set dengan pendekatan
- Bahasa Pemrograman (Programming Language). 2. Bagian Expert System (Expert System Shell)
Hubungan Artifical Intelligence dengan Kognisi
Manusia
Menurut Turban pada tahun 1995, Sistem pakar
adalah program komputer yang menirukan seorang pakar dengan keahlian pada suatu
wilayah pengetahuan tertentu. Permasalahan yabng di tanganin seorang pakar
jelas bukan hanya alogaritma, namun lebih dari itu seorang pakar biasanya
menyelesaikan masalah yang lebih rumit dan pemahamannya sulit utuk di pahami.
Sistem pakar juga demikian, bukan hanya berisi alogaritma namun juga
pengetahuan dan aturan.
Sistem pakar biasanya sering digunakan dalam
bidang ekonomi, kepentingan bisnis, keungan, tegnologi dan kedokteran. Pada
dasarnya sistem pakar di terapkan untuk mendukung aktivitas pemecahan masalah.
Ternyata banyak aktivitas pemecahan masalah yang dilakuakn sistem pakar
diantaranya decicion makning (pembuat keputusan), knowledge fusing
(pemaduan pengetahuan), designing (mendisain), planning (perencanaan), forecasting (perakitan), regulating (pengaturan), controlling(pengendalian), diagnosing (mendiagnosa), prescribing(perumusan), explaining(penjelasan), adbvising (pemberian
nasihat), dan tutoring (pelatihan). Selain itu sistem pakar juga bisa
menjadi asistem seorang pakar (atau saingan).
Deskripsi Contoh Expert System
1. MYCIN : Diagnosa penyakit
2. DENDRAL :
Mengidentifikasi struktur molekular campuran yang tak dikenal
3. XCON
& XSEL : Membantu konfigurasi sistem komputer besar
4. SOPHIE
: Analisis sirkit elektronik
5. Prospector : Digunakan di dalam
geologi untuk membantu mencari dan menemukan deposit
6. FOLIO :
Menbantu memberikan keutusan bagi seorang manajer dalam hal stok broker dan
investasi
7 DELTA :
Pemeliharaan lokomotif listrik disel
ELIZA
Eliza adalah salah Sistem Pakar yang dikembangkan
pada tahun 1966. Ini adalah program computer terapis yang dibuat oleh Joseph
Weizenbaum di MIT. Pengguna berkomunikasi dengannya sebagaimana sedang
berkonsultasi dengan seorang terapis.
Parry
Parry adalah Sistem Pakar yang dikembangkan di
Stanford University oleh seorang psikiater, Kenneth Colby, Hilf, Webber dan
Kreamer pada tahun 1972 yang mensimulasikan seorang paranoid sebagai subjek
karena beberapa teori menyebutkan bahwa proses dan sistem paranoid memang ada, perbedaan
respon psikotis dan respon normalnya cukup hebat, dan mereka bisa menggunakan
penilaian dari seorang ahli untuk mengecek keakuratan dari kemampuan pemisahan
antara respon simulasi computer dan respon manusia.
NETtalk
NETtalk program ini jenisnya cukup bebeda,
berdasarkan pada jaring-jaring neuron, sehingga dinamakan NETtalk.
Program ini dikembankan oleh Sejnowki disekolah medis Harvard dan Rosenberg di
universitas Princeton. Dalam program ini , NETtalk membaca tulisan dan
mengucapkannya keras-keras.
0 komentar:
Posting Komentar